Layanan penerbitan mandiri atau self publishing menjadi pilihan alternatif bagi para penulis. Selain tidak ribet dengan segala urusan penerbit, penulis juga bisa mendapatkan untung lebih besar sesuai dengan kerja keras penjualannya.
Meski demikian, masih banyak penulis yang “boros” dalam menerbitkan bukunya. Semua urusan penerbitan diserahkan sepenuhnya kepada penerbit sehingga terjadi pembengkakan ongkos. Sungkan pula kalau membatalkan sementara proses di penerbit sudah berjalan. Kalau uang Anda berlebih, mungkin tidak masalah. Tapi kalau pas-pasan, sebaiknya ikuti tips berikut.

Persiapkan Naskah Final
Sebagian penulis mungkin enggan mengoreksi kembali naskahnya dan terburu-buru ingin menerbitkan. Sebaiknya penulis bersabar. Cek kembali naskah Anda dengan teliti.
Jika Anda memasrahkan perbaikan naskah Anda kepada penerbit, biaya yang dipatok berkisar antara Rp5000-Rp10000 per halaman. Nah, kalikan saja dengan jumlah halaman naskah Anda.
Proses ini disebut proses editing dan proofing. Jika Anda memiliki teman editor, sebaiknya pasrahkan ke teman Anda itu dan harganya tentu lebih bisa dinego.
Untuk proofing sederhana, Anda dapat memanfaatkan Google. Caranya, unggah naskah Anda di Google Drive lalu buka dengan Google Doc. Ketika terbuka, akan terlihat kata-kata yang bergaris merah. Itu tandanya Google menyarankan Anda untuk mengoreksi kata-kata tersebut. Meski demikian, kerja Google adalah kerja robot. Anda tidak bisa mengandalkannya bekerja secara sempurna.
Anda juga bisa memanfaatkan layanan kami dengan harga bersahabat. Silakan hubungi admin kami.

Persiapkan Tata Letak
Biaya tata letak berkisar antara Rp5000-Rp7500 pernah halaman. Jika Anda mencapai 100 halaman, untuk bisa mendapatkan tata letak buku, Anda harus mengeluarkan biaya Rp500.000-Rp750000. Sayang sekali. Anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan oplah cetak.
Untuk penghematan, jika naskah Anda hanya berupa tulisan tanpa gambar, tata letak melalui MS. Word sudah cukup. Tinggal tentukan marjin kanan, kiri, atas, bawah. Lihat contoh buku di dekat Anda, perhatikan dan ukur setiap marjinnya.
Atau Anda bisa browsing cara layout sederhana. Beberapa situs menyediakan tamplate tata letak. Anda cukup memasukkan naskah Anda, dan akan terlihat tamplate mengatur naskah Anda.
Jangan khawatir, kami juga menyediakan layanan tata letak buku dengan harga yang bisa dirembug. Silakan hubungi Admin kami.

Persiapkan Desain Kover
Biaya jasa pembuatan kover berkisar antara Rp300.000-Rp1.000.000. Kalau tidak merasa sayang dengan uang Anda, silakan langsung dipasrahkan ke penerbit.
Belakangan banyak muncul berbagai aplikasi untuk membuat gambar seperti Kanva dan lainnya. Anda bisa memanfaatkannya. Dengan bantuan aplikasi-aplikasi tersebut, Anda tidak harus menguasai berbagai software grafis untuk membuat kover.
Apakah kami juga menyediakan jasa desain kover? Tentu saja! Silakan hubungi Admin kami.

Konsultasikan Naskah Anda
Jika belum berpengalaman menerbitkan buku, Anda tentu membutuhkan teman untuk diskusi. Bagaimana proses penerbitan, model penerbitan apa yang sebaiknya dipilih, ke penerbit mana, ke percetakan mana, ukuran buku berapa kali berapa, kasih endorsement atau nggak, sebaiknya cetak berapa, penjualannya bagaimana, dan lain sebagainya. Nah, silakan hubungi Admin kami.